BatangJawa TengahUncategorized

KPU Batang Temukan Surat Suara Rusak Saat Lakukan Penyortiran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang mengerahkan ratusan pelipat dan penyortir surat suara yang sebelumnya telah mendapat arahan teknis cara menyortir dan melipat surat suara, Sabtu (13/1/2024).

RADARBAHUREKSO.COM, Batang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang mengerahkan ratusan pelipat dan penyortir surat suara yang sebelumnya telah mendapat arahan teknis cara menyortir dan melipat surat suara. Mereka telah mengetahui mana saja surat suara yang layak dan yang tidak layak digunakan.

Ketua KPU Batang Susanto Waluyo menyampaikan, proses penyortiran dan pelipatan akan berlangsung mulai 13-24 Januari mendatang. Selama penyortiran, para petugas menemukan sejumlah surat suara yang rusak.

“Rata-rata rusak karena ada noda tinta, sehingga petugas langsung memisahkan,” katanya, saat memantau proses penyortiran surat suara, di gudang KPU Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (13/1/2024).

Saat ini masih dalam tahap penyortiran, sehingga belum diketahui jumlah pastinya. Namun setelah selesai akan dilakukan rekapitulasi untuk selanjutnya dilaporkan ke pihak KPU Jateng.

“Saat ini surat suara yang disortir yakni DPR RI sebanyak 633.361 lembar. Yang diperkirakan untuk satu jenis surat suara akan selesai selama tiga hari kedepan,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Batang Farikhin mengatakan, selama pemantauan proses penyortiran surat suara, ternyata dari jumlah keseluruhan 500 lembar di tiap kardusnya, faktanya ada ketidaksesuaian.

“Hampir surat suara yang dilipat hari ini tertulis 500 lembar, tapi jumlahnya ada yang kurang bahkan ada yang lebih,” terangnya.

Pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap surat suara yang ternyata jumlahnya tidak sesuai. Nantinya setelah direkapitulasi akan diketahui jumlah surat suara yang tidak layak.

Untuk mempercepat proses penyortiran dan pelipatan, KPU memberdayakan 250 warga Desa Kecepak, Sambong dan Klidang Wetan.

Salah satu penyortir, Kartika Anggraini mengungkapkan, selama proses pelipatan hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk tiap lembarnya.

“Melipatnya cukup mudah, tadi sudah dikasih tahu caranya. Alhamdulillah hari ini sudah dapat 4 kardus,” ujar dia.

RED

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button