BudayaBatangJawa TengahUncategorized

Upaya Lestarikan Budaya, SMPN 4 Batang Gelar Karya Dan Budaya II

Upaya mencintai dan melestarikan budaya, SMP Negeri 4 Kabupaten Batang menggelar Karya dan Budaya II, Rabu (31/1/2024).

RADARBAHUREKSO.COM, Batang – Dalam upaya mencintai dan melestarikan budaya, SMP Negeri 4 Kabupaten Batang menggelar Karya dan Budaya II untuk menampilkan budaya tari, drama musikal dan ketoprak, di Lapangan Basket SMPN 4 Batang, Kabupaten Batang, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukbud Batang Bambang Suryantoro Sudibyo.

Kepala SMPN 4 Batang Sri Mulyatno mengatakan, bahwa acara seni budaya ini menampilkan seluruh siswa-siswi dari kelas VII hingga IX.

“Untuk kelas VII dan VIII memang amanat kurikulum merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang harus dipastikan digelar karya sebuah penampilan. Jika kelas IX sesungguhnya bentuk lain dari ujian sekolah yang ditarik maju, karena sekarang sekolah mempunyai wewenang itu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mencintai kebudayaan daerah dengan cara ikut mewarisi dan melestarikan budaya pada generasi muda dan mempererat antar siswa-siswi yang tadinya hanya bermain gadget masing-masing.

“Ada 653 pelajar SMPN 4 Batang yang berpartisipasi dalam acara Gelar Karya dan Budaya II dengan bimbingan guru seni budaya Pak Sasongko yang mengajarkan mereka semuanya,” ungkapnya.

Pagelaran yang ditampilkan berbeda-beda yakni untuk kelas VII semuanya menampilkan tarian, kelas VIII semuanya menampilkan drama musical, dan kelas IX semuanya menampilkan ketoprak yang itu semua pilihan mereka sendiri seperti kelas IX C menampilkan cerita Roro Jonggrang.

Sri Mulyatno juga menjelaskan, bahwa Persiapan untuk kelas IX dimulai sejak bulan Juli 2023, kecuali kelas VII dan VIII dimulai pada bulan Oktober 2023.

“Pokoknya pada gelaran karya dan budaya ini, kami para guru hanya mengawal saja yang memilih peran dan tugasnya para pelajar sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, penampilan siswa-siswi yang dilakukan SMPN 4 Batang sangat apresiasi sekali dengan kegiatan potensi budayanya.

“Potensi budayanya ternyata sangat bagus bisa menjadikan kebanggaan bagi mereka dan mampu mengeluarkan hobinya di bidang kesenian,” tuturnya.

Lani juga menyampaikan, bahwa uniknya penampilan kesenian ini diikuti seluruh siswa tanpa terkecuali, dari yang menari, memerankan lakon, menyanyi, dan memainkan alat musik tradisional.

“Hal ini didukung oleh para wali murid yang kompak membantu sekolah, karena jika semuanya dilakukan sendiri akan sangat sulit terealisasikan,” ujar dia.

Ia berharap, ke depan jika ada even dari Kabupaten Batang siswa-siswi yang tampil bagus disini akan diberikan kesempatan tampil, supaya mereka bangga kreativitasnya bisa dilihat masyarakat umum.

RED

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button