DaerahSulutUncategorized

Peringati Hardiknas 2024, H Sarbin Sehe : Pendidikan Bermutu Tentukan Kemajuan Bangsa Indonesia dan Mewujudkan Merdeka Belajar

Kakanwil Provinsi Sulawesi Utara memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2024).

RADARBAHUREKSO.COM, Manado – Kepala Kanwil  Kemenag (Kakanwil) Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe bersama jajaran Kanwil bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 02 Mei 2024. Yang dilaksanakan di lapangan upacara MAN Model Manado.

Sesuai edaran, jajaran ASN Kanwil mengenakan pakaian adat daerah masing-masing sehingga upacara lebih meriah dan khidmat. Kebersamaan dam persatuan sebagai sesama anak bangsa sangat terasa meski berbeda suku dan budaya yang terlihat dalam ragam pakaian adat.

Turut hadir juga dalam upacara ini jajaran ASN Kemenag Kota Manado serta para guru dan siswa-siswi MAN Model Manado.

Tanggal 02 Mei setiap Tahun menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Di mana, pada tanggal 02 Mei ditetapkan untuk mengenang hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889,”ujar Kakanwil Sulut H Sarbin Sehe. Kamis (02/05/2024).

Pada kesempatan itu, H Sarbin Sehe dalam sambutannya mengatakan bahwa momen bersejarah di peringati setiap tahunan sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan terhadap peran penting pendidikan dalam pembangunan Nasional.

“Tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” tentunya berirama dengan penerapan kurikulum merdeka belajar sebagai sebuah langkah ikhtiar meningkatkan kualitas pendidikan. Memberi ruang yang jelas kepada Institusi madrasah dan sekolah menyelenggarakan pendidikan serta menentukan tingkat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu,”ucapnya.

Menurutnya, keleluasaan guru mengatur proses pembelajaran, memberi ruang kreativitas bagi siswa dalam proses penyelenggaraan pendidikan, menentukan tingkat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu, keleluasaan guru mengatur proses pembelajaran, memberi ruang kreativitas bagi siswa dalam proses penyelenggaraan pendidikan adalah wajah baru dari dinamaka pendidikan baru yang diterapak diera saat ini,”katanya.

Disampaikannya juga, bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia secara manusiawi diperlukan interaksi yang humanis, menyenangkan yang disediakan dalam ruang pembelajaran, itulah sebenarnya kurikulum merdeka belajar, Indikator merdeka belajar adalah membangun interaksi belajar mengajar yang lebih menyenangkan bagi guru dan siswa, memberikan keleluasaan pada lembaga pendidikan dalam mengadakan penilaian dan penerapan kurikulum,”tandasnya.

Ditambahkannya lagi, pendidikan untuk menciptakan perserta didik yang berjiwa merdeka, mengembangkan dan menemukan potensi dan kemampuan diri masing-masing peserta didik. Tentunya kita semua menyambut baik tema Hardiknas tahun ini sebagai upaya pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Memberikan ruang kreativitas kepada setiap peserta didik mengembangkan bakat, minat, kemampuan adalah hakekat dari proses pendidikan.

“Kita punya sejarah massa lalu melalui pendekatan belajar Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari semangat kurikulum merdeka belajar,”pungkasnya.

Diakhir sambutannya, dirinya mengucapkan Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2024 “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar.”

“Pendidikan bermutu menentukan kemajuan bangsa Indonesia dan masa depan, menjadi semangat dan cita-cita bersama, pendidikan bermutu akan mewujudkan merdeka belajar,”ungkap Sehe.

(SIT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button