DaerahSulut

Kegiatan Puskesmas Tuminting Manado Guna Sikapi Dampak Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Sitaro

Kegiatan Puskesmas Tumining Manado dalam rangka menyikapi Dampak erupsi akibat letusan gunung berapi, Jumat (19/4/2024). 

RADARBAHUREKSO.COM, Dalam Rangka menyikapi Dampak erupsi akibat letusan gunung berapi (Gunung Ruang ) yang Berada di Daerah Tagulandang Kabupaten SITARO, maka Dinas kesehatan Kota Manado Sulawesi Utara, mengadakan program, kepada Seluruh PUSKESMAS yang berada di Kota Manado, untuk melaksanakan kegiatan Berupa ‘ Penyuluhan kesehatan dan pembagian Masker kepada masyarakat’.

Terpantau oleh Awak media, pada hari ini, jumat 19 April 2024, Puskesmas Tuminting, tengah mengadakan Program kegiatan pembagian Masker kepada Masyarakat. Ini di laksanakan di beberapa titik pusat keramaian, serta di beberapa sekolah Diantaranya Di Area Pasar Tuminting kecamatan Tuminting, SD NEGERI 12 Manado, SMP 5 Negeri Manado, dan semua kepada seluruh pengguna jalan, baik roda 4 maupun yang mengendarai sepeda motor yang berada di kecamatan Tuminting.

Awak media juga melakukan wawancara kepada Kepala PUSKESMAS TUMINTING, dr. MAYA S. M. PELLE, M Kes, mengenai program kegiatan yang tengah di laksanakan, Dan menurut Beliau” selain pembagian masker, kami juga melaksanakan Penyuluhan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, untuk lebih Mewaspadai akibat dan Dampak dari erupsi gunung ruang tersebut, karena bisa berdampak penyakit ISPA( infeksi saluran pernapasan) serta Penyakit influenza. ” tutur beliau.

Awak media juga mewawancai petugas kesehatan dari Puskesmas Tuminting yang sedang berada di lapangan, yang sedang melakukan pembagian Masker dan mereka menyampaikan bahwa, ini adalah program dari DINAS KESEHATAN Provinsi Sulawesi Utara.

Masyarakat sangat merespon baik akan kegiatan tersebut, dan masyarakat berharap pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan terdekat (Puskesmas) akan lebih meningkatkan lagi pelayanan kesehatan serta penyuluhan kepada masyarakat, sehingga seluruh masyarakat yang berada di kota Manado khususnya, akan selalu sehat, anak anak juga sehat, karena kesehatan itu merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kelangsungan hidup Masyarakat.

Sebab fungsi pokok dari Puskesmas itu sendiri antara lain: sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah nya, serta memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya, Terutama di Kecamatan Tuminting Kota Manado Sulawesi Utara.

Terpantau juga kegiatan Puskesmas Tuminting yaitu Pemberian Imunisasi lengkap kepada bayi dan Balita serta pemberian makanan Tambahan Bagi Balita yang Kurang Gizi.

Pelayanan di puskesmas Tuminting memang sangatlah baik, baik dari segi penanganan medis dan pemberian Obat Obatan

(SIT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button