BatangDaerahJawa TengahUncategorized

Bawaslu Batang Lantik 2.569 Anggota PTPS dan Berikan Pembekalan

Bawaslu Batang melantik dan memberikan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) serentak seluruh Kecamatan Batang, di Gedung Serbaguna Cepokokuning, Senin (22/1/2024).

RADARBAHUREKSO.COM, Batang – Bawaslu Batang melantik dan memberikan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) serentak seluruh Kecamatan Batang, di Gedung Serbaguna Cepokokuning, Kabupaten Batang, Senin (22/1/2024).

Ketua Bawaslu Batang Mahbrur mengatakan, bahwa anggota PTPS hari ini sah dilantik bergabung ke Bawaslu Batang dalam pengawasan tahapan puncak mengawasi pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

“Hari ini kami melantik 2.569 PTPS sesuai jumlah TPS yang ada seluruh kecamatan di Kabupaten Batang, penempatannya juga disesuaikan tempat tinggal masing-masing,” jelasnya.

Pengawas TPS ini harus mengerti tugas regulasi tentang peraturan Bawaslu dan KPU tahapan pemilu, agar tahu mekanisme prosesnya dengan tambahan kondisi lingkungan masing-masing.

Mahbrur juga mengatakan bahwa, tujuan adanya PTPS dapat mengawasi penghitungan suara supaya terbuka jika sewaktu-waktu diduga ada kecurangan, paling tidak yang di lapangan bisa mencegah terlebih dahulu.

“Pengalaman Pemilu 2019 mengalami kondisi penghitungan suara ulang, karena tidak sinkronnya data KPU, Panwas, dan Peserta Pemilu jadi harus hitung ulang ditingkat PPK,” terangnya.

Pada tahun ini, pertama kalinya Bawaslu Kabupaten Batang memberikan rompi dan topi sebagai tanda perwakilan dari kita.

“Mudah-mudahan para pengawas harus berani melaporkan kejadian apapun, jangan hanya duduk-duduk aja di TPS dan jangan sampai menjual harga dirinya hanya membela salah satu peserta pemilu,” tandasnya.

RED

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button