UncategorizedDaerahJawa Tengah

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Berikan Bantuan ke Karanganyar Hingga Rp190 Miliar

Pemprov Jawa Tengah memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar mencapai Rp 190,604 miliar, Rabu (7/2/2024).

RADARBAHUREKSO.COM, KARANGANYAR – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan bantuan pemerintah provinsi secara simbolis, kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Total bantuan mencapai Rp 190,604 miliar.

“Setiap tahun kita membantu 35 kabupaten dan kota di Jateng. Di Karanganyar ada bantuan Rp 190,604 miliar. Ini cukup besar yang dibagi dengan berbagai bidang,” kata Nana, pada kunjungan kerjanya, di Pendapa Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Rabu (7/2/2024).

Dari catatannya, rincian bantuan berupa bantuan keuangan bidang sarana prasarana, yaitu infrastruktur jalan sebanyak tujuh kegiatan sebesar Rp27,601 miliar; bantuan pendidikan sebanyak 54 kegiatan Rp33,350 miliar, bantuan keuangan pemerintah desa untuk peningkatan sarana prasarana pedesaan di 842 titik Rp111,195 miliar, TNI Manunggal Membangun Desa sebesar Rp650 juta.

Selanjutnya, bantuan Penanggulangan Masalah Gizi (PMG) Rp4,517 miliar, bantuan sosial berupa Kartu Jateng Sejahtera (KJS) untuk 450 penerima manfaat Rp1,998 miliar, bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk 10 kelompok senilai Rp200 juta, dan hibah bidang kesejahteraan sosial untuk karang taruna sebesar Rp275 juta.

Ada juga bantuan bidang perumahan, yaitu Bankeu pemerintah desa untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 465 unit sebesar Rp9,3 miliar, bansos penyaluran bantuan stimulan rehabilitasi rumah korban bencana satu unit Rp20 juta, dan bantuan pengembangan desa wisata Rp300 juta.

Bantuan lainnya, hibah bidang keagamaan berupa bantuan kepada Masjid Al-Amin sebesar Rp50 juta, bantuan kepada TPQ Ulul Albab di Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu Rp20 juta. Bantuan pertanian berupa hibah barang rehabilitasi jaringan irigasi tersier satu paket Rp112 juta, bantuan cultivator dua unit senilai Rp 28 juta, dan bantuan sarana angkut roda tiga dua unit sebesar Rp76 juta.

Untuk bantuan bidang energi berupa bantuan sambungan listrik 118 unit sebesar Rp230,3 juta, bantuan pembangunan digester biogas 58 unit sebesar Rp1,044 juta, bantuan PLTS rooftop untuk pondok pesantren satu unit sebesar Rp135 juta. Ada juga, bantuan penyediaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Kedawung, Krendowahono, dan Ngepungsari sebesar Rp1,5 miliar.

Nana berharap agar bantuan keuangan, terutama sarana dan prasarana desa sesuai dengan spesifikasi. Mengingat itu dibangun dengan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan, dan jelas penggunaannya.

“Sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Harus dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Nana menilai, Kabupaten Karanganyar sejauh ini sudah banyak melakukan langkah baik. Artinya, tugas yang diberikan kepada pemerintah daerah bersama Forkopimda, dan pelibatan masyarakat sampai tingkat bawah terkait masalah pertumbuhan ekonomi, berjalan cukup baik.

RED

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button