Head LineSulutUncategorized

Situasi Terkini Tagulandang Kabupaten Sitaro 18 April 2024

Situasi terkini gunung berapi di Kabupaten Sitaro Kamis (18/4/2024). 

RADARBAHUREKSO.COM, Sulawesi Utara Merupakan Provinsi Yang Rawan Bencana Gunung berapi. Selain terdapat Patahan Patahan Aktif, SULUT juga di kelilingi sekitar 10 Gunung Berapi, Baik di Daratan Kepulauan, Maupun dibawah Laut yang statusnya masih aktif. Maka dari itu seluruh masyarakat yang berdomisili di sekitar tempat tersebut di minta agar selalu waspada dan berdoa kepada TUHAN YANG MAHA KUASA, agar selalu di berikan perlindungan dari segala bencana dan mara bahaya.

Saat ini Gunung Duang / Ruang yang berada di pulau Tagulandang sedang erupsi hebat, menurut informasi dari masyarakat sekitar, Gunung DUANG atau RUANG tersebut, pernah meletus di tahun 2022 dan pada Tahun 2024 ini, Gunung tersebut kembali erupsi.

Sesuai pantauan awak media, malam ini seluruh masyarakat yang berada di sekitar Gunung ruang, sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman yaitu ke Tagulandang bagian Utara, dan telah mengosongkan rumah –  rumah mereka, sebab bukan hanya lahar panas yang di keluarkan oleh semburan Gunung Ruang tersebut, melainkan hujan batu, lahar panas, abu, pasir, yang di sertai suara Guntur serta kilat, dan itu sangat membuat kekhawatiran dan ketakutan bagi sebagian masyarakat yang ada di sekitar area Gunung Duang /Ruang tersebut.

Terpantau juga oleh awak media, saat ini di sekitar area bencana terjadi pemadaman listrik, sehingga sebagian masyarakat yang masih berada di dalam rumah agak kesulitan untuk keluar rumah guna mencari tempat perlindungan. Dan dampak dari meletus nya Gunung Duang /Ruang tersebut, sampai ke wilayah Tagulandang bagian utara.

Saat ini para Tim SAR, Kepolisian, dan instansi terkait tengah mengevakuasi seluruh masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Terpantau sampai pada malam hari ini, Gunung Duang /Ruang semakin menunjukkan erupsinya. Sehingga pemerintah juga menghimbau agar masyarakat Tetap tenang, dan segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Tagulandang 18 April 2024.

(SIT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button